gliter text

Jumat, 09 November 2012

LED TV vs LCD TV

LCD TV

Pada dasarnya LCD TV bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Jutaan lampu tersebut akan dinyalakan dan dimatikan melalui LCD shutter dengan melewatkan cahaya putih dengan intensitas tertentu. Setiap shutter akan digabungkan dengan filter warna yang akan melewatkan warna Red, Green, dan Blue (RGB). Shutter dan Filter yang masing-masing merupakan sub-pixel ini berukuran sangat kecil, dan secara kasat mata membentuk gabungan yang disebut dengan pixel.

Keunggulan LCD TV
-Menghasilkan warna yang lebih realistis
-Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
-Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar
-Tidak ada radiasi yang dipancarkan
-Dapat digunakan sebagai monitor komputer
-Kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding Plasma

LED TV

Pada dasarnya sebenarnya LED TV merupakan pengembangan dari LCD TV dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent yang digunakan pada jenis LCD TV sebelumnya. Ada dua macam bentuk LED TV yang beredar di pasaran: RGB LED dengan LED yang diletakkan di belakang panel layar, atau EDGE-LED dimana LED diletakkan di sekeliling layar.

Kelebihan LED TV
-Tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan LCD TV, setara atau bahkan lebih tinggi daripada Plasma TV
-Memungkinkan produsen untuk memproduksi televisi layar datar dengan ukuran super tipis, dengan ketebalan sekitar 2.5 cm
-Lebih ramah lingkungan
-Konsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 20-30% dibandingkan LCD TV konvensional

Kamis, 08 November 2012

       Virtual reality VS augmented reality


virtual reality merupakan sebuah teknologi yang dapat membuat penggunanya berinteraksi dengan suatu lingkungan yang sebenarnya tidak nyata.Suatu lingkungan tersebut hanyalah tiruan yang dibuat dengan menggunakan teknologi komputer.Virtual reality terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer yang juga mengikutsertakan tambahan informasi untuk pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.Saat berada dalam Virtual Reality, pengguna akan merasa melebur seolah menyatu dengan dunianya, dan bisa berinteraksi dengan objek-objek yang ada disana. Hal ini disebut telepresence.

Syarat yang harus ada pada Virtual Reality :
-Gambar / grafis / penglihatan 3D yang nyata menurut perspektif penglihatan pengguna.
-Kemampuan untuk mendeteksi gerakan-gerakan pengguna, seperti gerakan kepala dan arah bola mata, untuk menyesuaikan grafis yang dihasilkan supaya menyesuaikan perubahan dunia 3D nya.

Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.

Efekyang kerap ditimbulkan adalah pemakai kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness. Penderita gangguan ini akan merasa ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Tekadang penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu walaupun sebenernya penderita sudah kembali ke dunia nyata.

augmented reality merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Tidak seperti virtual reality yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, augmented reality hanya sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan saja.

Pemanfaatan AR sangat beragam bentuknya. Di dunia gaming, misalnya, pengguna bisa diarahkan untuk mencari objek tertentu di dunia nyata untuk memperoleh tambahan poin. Di dunia pemasaran, pemilik brand dapat menyajikan informasi yang jauh lebih menarik dibandingkan sekadar display iklan. Sementara itu, di dunia jejaring sosial, pengguna bisa mencari posisi teman-teman serta tempat-tempat menarik (point of interest/POI) yang terdekat dari lokasinya berada.
Virtual Reaity
Augmented Reality


Kamis, 25 Oktober 2012

Web Hosting

Hosting adalah penempatan file- file di server online sehingga dapat diakses oleh pengguna melalui internet baik untuk kebutuhan publik maupun untuk keperluan sendiri atau internal perusahaan. Contohnya sebuah perusahan dapat menggunakan jasa web hosting untuk memasarkan produk mereka kepada masyarakat luas.

Sebenarnya tanpa perlu manggunakan jasa web hosting, kita juga tetap bisa melakukan web hosting sendiri menggunakan komputer kita. Namun biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar dari pada menggunakan jasa web hosting. Biaya yang besar tersebut diperlukan untuk membuat komputer agar dapat digunakan sebagai server. Selain itu dengan menggunakan jasa web hosting kita tidah perlu lagi repot-repot untuk merawat server kita. Oleh sebab itu lah orang-orang lebih suka menggunakan jasa web hosting dari pada harus melakukan nya sendiri.

Sekarang ini banyak tersedia jasa web hosting, mulai dari gratis sampai berbayar. Yang gratis biasanya nama domain yang kita dapatkan hanyalah subdomain dari situs induk dimana kita mendaftar disitus tersebut. Contoh situs yang gratis adalah www.cjb.net www.000webhost.com www.ripway.com dan masih banyak lagi. Namun jasa web hosting gratis biasanya memiliki banyak batasan dan kekurangan dibandingkan dengan yang berbayar mulai dari akses yang lambat, keterbatasan space, sampai dengan adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki.

Ada banyak alasan mengapa kita membutuhkan web hosting.Salah satunya nya adalah target market yang besar bagi perusahaan untuk menjual produl mereka. Berdasarkan statistik, pengguna internet saat ini lebih dari 1 milyar di seluruh dunia. Bagi pemasar/marketing 1 Millyar ini adalah nilai yang sangat besar bagi bisnis tentunya. Alasan lainnya adalah banyak konsumen baru yang sebelumnya tidak dapat dicapai dapat dicapai. Perusahan bisa memasarkan produk mereka sampai keseluruh dunia.

Jika dihubungkan dengan domain, keduanya akan saling berkaitan. Bila diumpamakan, domain adalah sebuah alamat rumah dan hosting adalah rumahnya. Kalau hanya ada alamat rumah, tidak akan ada yang bisa dikunjungi, sedangkan kalau hanya ada rumah, tidak ada jalan yang bisa diakses. Begitu pula domain dan hosting. Bila hanya ada domain, tidak akan ada yang bisa ditampilkan, dan bila hanya ada hosting, tidak ada alamat yang bisa mengakses halaman yang dicari.



sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Webhosting
http://trik-online.com/apa-itu-web-hosting/
http://komputerbagipemula.blogspot.com/2008/07/apa-itu-hosting-dan-domain.html
http://bentangmedia.com/9-alasan-pentingnya-website-berkualitas-untuk-bisnis-anda/
http://www.cfdynamics.com/


Senin, 15 Oktober 2012

Eight Golden Rules

Menurut Shneiderman terdapat delapan aturan emas yang digunakan sebagai dasardalam merancang user interface. Berikut adalah delapan aturan emas dalam merancang user iterface :

1. konsistensi
Konsistensi dilakukan pada urutan tindakan, perintah, dan istilah yang digunakan pada prompt, menu, serta layar bantuan.

2. Memungkinkan pengguna untuk menggunakan shortcut
Pengguna yang sudah ahli menginginkan interaksi yang cepat sehingga dibutuhkan shortcut untuk meningkatkan kecepatan interaksi antara pengguna dengan user interface seperti singkatan, tombol fungsi, perintah tersembunyi, dan fasilitas makro.


3. Memberikan umpan balik yang informatif
umpan balik berfungsi untuk memberitahu setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna. Misalnya ketika kita ingin menginstal applikasi pada komputer kita, maka akan muncul detail proses instal sehingga jika terjadi error saat penginstalan, kita dapat mengetahui apa penyebab errornya.

4. Merancang Dialog untuk menghasilkan suatu penutupan
Urutan tindakan sebaiknya diorganisir dalam suatu kelompok dengan bagian awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif akan meberikan indikasi bahwa cara yang dilakukan sudah benar dan dapat mempersiapkan kelompok tindakan berikutnya.

5. Memberikan penanganan kesalahan yang sederhana
Sedapat mungkin sistem dirancang sehingga pengguna tidak dapat melakukan kesalahan fatal. Jika kesalahan terjadi, sistem dapat mendeteksi kesalahan dengan cepat dan memberikan mekanisme yang sederhana dan mudah dipahami untuk penanganan kesalahan. Misalnya saat kita login facebook, saat kita salah memasukkan email atau password kita akan mucul keterangan bahwa terdapat kesalahan pada email atau password yang kita masukkan dan kita akan diminta untuk memasukkan ulang email dan password kita.

6. Mudah kembali ke tindakan sebelumnya
Hal ini dapat mengurangi kekuatiran pengguna karena pengguna mengetahui kesalahan yang dilakukan dapat dibatalkan, sehingga pengguna tidak takut untuk mengekplorasi pilihan-pilihan lain yang belum biasa digunakan.

7. Mendukung tempat pengendali internal (internal locus of control)
Pengguna ingin menjadi pengontrol sistem dan sistem akan merespon tindakan yang dilakukan pengguna daripada pengguna merasa bahwa sistem mengontrol pengguna.

8. Mengurangi beban ingatan jangka pendek.
Karena ingatan manusia yang terbatas, sebaiknya tampilan dibuat secara sederhana untuk memudahkan pengguna dalam mingingat.

sumber :

http://iwanbinanto.com/2008/07/21/8-aturan-emas-desain-user-interface/
http://rilaudydudud.blogspot.com/2008/12/8-golden-rules.html
http://www.homelifeweekly.com/money/8-golden-rules-of-financial-prosperity/


Rabu, 10 Oktober 2012


Javascript 

Javascript adalah bahasa skrip yang ditempelkan pada kode html misalnya pada bagian <head> dan berjalan di sisi klien. Javascript berbeda dengan bahasa java. Javascript kode-kodenya bisa dilihat di sisi klien sedangkan bahasa java dikompilasi oleh pemrogram dan hasilnya dijalankan oleh klien.

Secara fungsional, Javascript digunakan untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan ( embedded ). Contoh sederhana dari penggunaan javascript adalah membuka halaman pop up, fungsi validasi pada form sebelum data dikirimkan ke server, merubah image kursor ketika melewati objek tertentu, dan lain lain.

Struktur dari javascript adalah sebagai barikut :

<SCRIPT LANGUAGE = “JavaScript”>
<!--
Penulisan kode javascript
//-->
</SCRIPT>

kode <!-- //--> umumnya disetakan dengan tujuan agar browser tidak mengenali jacascript dan dan memperlakukannya sebagai komentar sehingga tidak ditampilkan pada jendela browser.

contoh javascript

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Alert Box</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<SCRIPT LANGUAGE = "JavaScript">
<!--
window.alert("Ini merupakan pesan untuk Anda");
//-->
</SCRIPT>
</BODY>
</HTML>


Sekian review tentang javascript.

sumber :
http://blogiswandi.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-file-javascript-1.html
http://lecturer.eepis-its.edu/~huda/Dokumen/WEB/moduljavascript.pdf
http://bloggingly.com/apa-itu-javascript/


Kamis, 04 Oktober 2012


HTML VS HTML5

HTML5 ini adalah versi  terbaru dari pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web. Dibandingkan dengan HTML-HTML yang sebelumnya, HTML5 ini memiliki beberapa kelebihan yang dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan HTML5 ini. Kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  HTML5 dlengkapi dengan elemen canvas, sebagai mode untuk menggambar object dua dimensi (2D). Dengan adanya elemen canvas ini pengguna tidak perlu lagi memuat plugin khusus untuk bisa memberikan interaksi menggambar di halaman web kita. Elemen canvas ini memungkinkan kita untuk melakukan interaksi dan animasi gerakan yang jauh lebih variatif.

2.  Dengan menggunakan HTML5 kita tidak perlu lagi menggunakan flash player untuk memutar video maupun audio. Dengan tag <video> dan <audio> pada HTML5, kita bisa menikmati video maupun suara tanpa perlu tambahan plugin apapun.

3.  HTML5 bisa menyimpan data dalam jumlah lebih besar dari biasanya tanpa harus mengimplementasikan trik dengan cookie atau Flash. bisa menyimpan data dalam jumlah lebih besar dari biasanya tanpa harus mengimplementasikan trik dengan cookie atau Flash. Dengan fitur tersebut, pembuatan aplikasi berbasis web menjadi lebih mudah karena tidak mebutuhkan berbagai macam tambahan plugin lagi.

4.  Fitur sintaks yang baru pada HTML5 seperti <header>, <footer>, <nav>, <section>, <article>, dan lain sebagainya membuat is website dapat dibaca dengan lebih mudah.Fitur-fitur baru tersebut didesain agar nantinya para  penggun bisa menggunakan konten multimedia dan grafis yang terdapat pada HTML5 ini tanpa bantuan dari plugin lagi. HTML5 ini telah menyederhanakan coding dari HTML yang sebelumnya sehingga terlihat lebih ringkas.

5.  Pada HTML5 terdapat juga fitur web worker. Salah satunya adalah threading. Dengan fitur ini javascript dapat digunakan untuk melakukan beberapa proses sekaligus tanpa harus menghambat proses terkait UI.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh HTML5 jika dibandingkan dengan HTML-HTML yang sudah ada sebelumnya.

Sekian dulu review dari saya untuk hari ini.

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/HTML5
http://thehottestelf.wordpress.com/2010/01/08/html-5-dan-perbedaan-html-5-dengan-html-sebelumnya/
http://bisakomputer.com/mengapa-harus-menggunakan-html5/








Jumat, 28 September 2012


iPhone 5


Beberapa waktu yang lalu Apple baru meluncurkan produk terbaru mereka yaitu iPhone 5.Banyak orang yang mengantri untuk mendapatkan iPhone 5 ini. Hal ini dikarenakan adanya tenkologi terbaru seperti retina display dan jaringan 4G LTE yang terdapat pada iPhone 5. Selain itu iPhone 5 juga memiliki beberapa kelebihan lainnya yang membuatnya ini menjadi incaran oleh banyak orang.Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah

1.  iPhone 5 ini layarnya dibuat dengan ukuran yang lebih panjang dri kakaknya produk yang sebelumnya dikeluarkan oleh Apple. Dengan begitu pengguna dapat lebih banyak meletakan shortcut aplikasi pada menu dan dapat digunakan secara efisien dengan satu tangan ketika pengguna menelepon atau pun mengirim pesan karena lebar layar memang sudah diatur secara ideal bagi tangan pengguna untuk memegang dan memilih menu.

2.  iPhone 5 ini mempunyai berat yang lebih ringan dan juga lebih tipis dari produk sebelumnya sehingga iPhone 5 lebih enak dipegang dan dibawa oleh penggunanya.

3. iPhone 5 didukung oleh prosesor baru yaitu A6 yang mempunyai kecepatan yang sangat baik sehingga mampu membuka file-file berat yang mempunyai ukuran yang besar dengan lebih cepat dan dalam waktu yanglebih singkat.

4.  Kamera dari iPhone 5 adalah 8 megapiksel dan dilengkapi dengan teknologi safir crystal yang tahan lama dan lebih tipis sibandingkan dengan kaca standar yang biasa digunakan. Teknologi safir crystal ini mampu memberikan gambar yang lebih jernih dan bagus,menghasilkan foto yang cukup baik dalam pencahayaan yang kurang serta dapat menghasilkan foto panorama dengan resolusi 28 megapiksel. Jadi iPhone ini sangat cocok pula digunakan bagi pengguna yang suka berfoto.

5. Seperti yang telah disebutkan di atas, iPhone 5 menggunakan konektivitas 4G LTE yang memiliki kecepatan akses internet dan download file super cepat.

6. iPhone 5 ini mempunyai daya baterai yang cukup kuat. Apple sendiri telah mengklaim bahwa baterai pada iPhone 5 ini dapat bertahan hingga 8 jam untuk waktu bicara dan akses web via jaringan 3G.

Seperti teknologi-teknologi lain pada umumnya, selain kelebihan iPhone 5 juga mempunyai beberapa kelemahan yang diantaranya adalah


1. Walaupun konektivitas 4G LTE yang digunakan oleh iPhone 5 sangat cepat, namun sayangnya masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu penggunaan  4G memerlukan konsumsi baterai yang cukup banyak dan dapat menyebabkan baterai menjadi panas.

2.  iPhone 5 menggunakan nano simcard yang ukurannya sangat kecil dan saat ini belum tersedia oleh operator di Indonesia sehingga menyebabkan pengguna sulit untuk mencari nano simcard ini.

3.  Desain dari iPhone 5 ini hampir sama dengan iPhone 4s. Yang berbeda dari iPhone 5 ini dengan yang sebelumnya adalah slot simcardnya yang menjadi lebih kecil dan ukurannya yang lebih panjang dan lebih tipis dari iPhone 4S.



sekian dulu review saya tentang iPhone 5. Semoga bermanfaat untuk semuanya^^

sumber: