gliter text

Senin, 15 Oktober 2012

Eight Golden Rules

Menurut Shneiderman terdapat delapan aturan emas yang digunakan sebagai dasardalam merancang user interface. Berikut adalah delapan aturan emas dalam merancang user iterface :

1. konsistensi
Konsistensi dilakukan pada urutan tindakan, perintah, dan istilah yang digunakan pada prompt, menu, serta layar bantuan.

2. Memungkinkan pengguna untuk menggunakan shortcut
Pengguna yang sudah ahli menginginkan interaksi yang cepat sehingga dibutuhkan shortcut untuk meningkatkan kecepatan interaksi antara pengguna dengan user interface seperti singkatan, tombol fungsi, perintah tersembunyi, dan fasilitas makro.


3. Memberikan umpan balik yang informatif
umpan balik berfungsi untuk memberitahu setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna. Misalnya ketika kita ingin menginstal applikasi pada komputer kita, maka akan muncul detail proses instal sehingga jika terjadi error saat penginstalan, kita dapat mengetahui apa penyebab errornya.

4. Merancang Dialog untuk menghasilkan suatu penutupan
Urutan tindakan sebaiknya diorganisir dalam suatu kelompok dengan bagian awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif akan meberikan indikasi bahwa cara yang dilakukan sudah benar dan dapat mempersiapkan kelompok tindakan berikutnya.

5. Memberikan penanganan kesalahan yang sederhana
Sedapat mungkin sistem dirancang sehingga pengguna tidak dapat melakukan kesalahan fatal. Jika kesalahan terjadi, sistem dapat mendeteksi kesalahan dengan cepat dan memberikan mekanisme yang sederhana dan mudah dipahami untuk penanganan kesalahan. Misalnya saat kita login facebook, saat kita salah memasukkan email atau password kita akan mucul keterangan bahwa terdapat kesalahan pada email atau password yang kita masukkan dan kita akan diminta untuk memasukkan ulang email dan password kita.

6. Mudah kembali ke tindakan sebelumnya
Hal ini dapat mengurangi kekuatiran pengguna karena pengguna mengetahui kesalahan yang dilakukan dapat dibatalkan, sehingga pengguna tidak takut untuk mengekplorasi pilihan-pilihan lain yang belum biasa digunakan.

7. Mendukung tempat pengendali internal (internal locus of control)
Pengguna ingin menjadi pengontrol sistem dan sistem akan merespon tindakan yang dilakukan pengguna daripada pengguna merasa bahwa sistem mengontrol pengguna.

8. Mengurangi beban ingatan jangka pendek.
Karena ingatan manusia yang terbatas, sebaiknya tampilan dibuat secara sederhana untuk memudahkan pengguna dalam mingingat.

sumber :

http://iwanbinanto.com/2008/07/21/8-aturan-emas-desain-user-interface/
http://rilaudydudud.blogspot.com/2008/12/8-golden-rules.html
http://www.homelifeweekly.com/money/8-golden-rules-of-financial-prosperity/


1 komentar: