gliter text

Minggu, 13 Januari 2013

HTML

HTML  (HyperText Markup Language)  adalah sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. HTMLjuga dapat digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

Struktur dasar HTML terdiri dari 

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>Title</title>
    </head>
    <body>
        <h1>Test HTML</h1>
    </body>
</html>

Saat web browser menampilkan sebuah halaman web, web browser membaca halaman web tersebut dari sebuah file teks dan kemudian mencari kode-kode special (dalam hal ini adalah tag HTML) yang ditandai dengan karakter "<" dan ">".

Tag HTML pada umumnya dibuat berpasangan, ada tag pembuka dan ada tag penutup.

Berikut beberapa tag yang terdapat pada HTML :
1. <p>untuk paragraph</P>
2. <h1>heading</h1> terdiri dari h1 sampai h6
3. <b>bold</b>
4. <i>italic</i>
5. <sub> subscript</sub>
6. <sup>superscript</sup>
7. <br /> ->single tag sehingga tidak memerlukan tag penutup

selain yang disebutkan diatas masih ada banyak lagi tag-tag HTML

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>HTML</title>
    </head>
    <body>
        <p>untuk paragraph</P>
        <h1>heading</h1>
        <b>bold</b>
        <br/>
        <i>italic</i>
        <br/>
        <sub> subscript</sub>
        dan
        <sup>superscript</sup>
    </body>
</html>


contoh html untuk merubah warna background dan warna tulisan :

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>HTML</title>
    </head>
    <body bgcolor=green>
        <font color=white size=5>
                <b>warna tulisan menjadi putih</b>
        </font>
    </body>
</html>

Jika kalian ingin memahami lebih lanjut tentang html, kalian bisa mengunjungi website berikut :
http://www.w3schools.com/

Jumat, 21 Desember 2012

Sejarah World Wide Web


Pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Oxford University yang berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis hypertext yang memungkinkan para peneliti Fisika bisa berbagi informasi secara efisien dan efektif. Proposal yang diberi judul “HyperText and CERN”. CERN adalah nema tempat Berners-Lee bekerja pada saat itu, yaitu kependekan dari Conseil European pour la Recherce Nucleaire, yang merupakan sebuah laboratorium riset bidang Fisika di Jenewa, Swiss.

Pada akhir tahun 1990, sebuah bentuk rancangan web berhasil dijalankan di sebuah mesin komputer NeXT. Saat itu, web sudah mengandung line-mode user interface yang disebut sebagai www, yang merupakan cikal bakal kelahiran WWW (World Wide Web).

Pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian, untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih menggunakan browser line-mode interface. Unutk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.

Pada bulan Mei 1993, Marc Andeesen dan beberapa murid dari NCSA membuat web browser unutk sistem x-windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah digunakan yang diberi nama Mosaic. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows, dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Mac Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah MSIE (Internet Explorer) dari Microsoft.


Pada tahun yang sama, CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan W3C (World Wide Web Consortium) yang bertugas unutk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.

Beberapa browser yang sering digunakan anatara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, Thunderbird, Qonquerer, Slim Browser, Links, Lynk, dan Google Chrome. Namun browser yang paling populer di dunia adalah Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox.
Game Industry


Perkembangan industri game di dunia sudah sangat marak dan menjanjikan, beberapa negara telah menjadikan industri kreatif terutama games menjadi bagian yang penting bagi pertumbuhan ekonomi mereka. Di indonesia sendiri perkembangan industri kreatif terutama games sudah mulai marak dan
pesat. Dengan pertumbuhan game di Indonesia yang sudah semakin berkembang membuat para programer maupun pencipta game – game dari luar
negeri untuk memasarkan produk – produk mereka di Indonesia.

Industri game di Indonesia sudah ada sejak lama. Sejak tahnn 1991, sudah muncul game – game lokal, tetapi belum jelas siapa yang membuatnya. Seiring waktu yang berjalan, mulai satu persatu orang memulai membuat game sendiri dengan aplikasi yang sangat terbatas, namun tidak di publish ke luar, melainkan di mainkan oleh kalangan sendiri. Makin ketahun demi tahun mulailah muncul orang – orang yang memberanikan diri untuk membentuk sebuah team dan membangun studio game di indonesia. Salah satu studio game yang cukup senior di Indonesia adalah

- Matahari Studio
Matahari Studio merupakan Studio Outsourcing. Disini Matahari sering kali mendapat project outsourcing dari EA GAMES, dimana mereka terlibat 45
dalam beberapa project Need For Speed, baik itu NFS Underground, Most Wanted maupun Carbon.

- Max Studio
Max Studio berlokasi di jalan panjang Jakarta. Max Studio baru bergelut di industri game baru sekitar 3 tahunan lebih, tetapi sudah menghasilkan lumayan banyak game dan salah satu gamenya yang berjudul Burning Amor yang pernah menduduki jajaran atas top ten game mobile application di Taiwan dan beberapa negara lainnya. Bahkan dengan game ini pula, Max Studio berhasil menjuarai EDGE coding competition se-ASIA tahun lalu. Sekarang pun mereka sedang mendevelop game 3D dengan XNA. XNA nantinya bisa digunakan untuk aplikasi XBOX 360.

- Altermyth
Altermyth ini merupakan nama lain dari Mythic Perperctive berkantor di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Altermyth merupakan pembuat game Inspirit Arena dan mereka memiliki divisi khusus yakni LILO. Altermyth juga bertugas mengembangkan LILO online.

- Menara Games
Menara games merupakan salah satu game studio di Bandung. Meski terkesan baru dan muda, tetapi menara games memiliki game yang berhasil meraih jajaran atas di website gamehouse.

Jumat, 09 November 2012

LED TV vs LCD TV

LCD TV

Pada dasarnya LCD TV bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Jutaan lampu tersebut akan dinyalakan dan dimatikan melalui LCD shutter dengan melewatkan cahaya putih dengan intensitas tertentu. Setiap shutter akan digabungkan dengan filter warna yang akan melewatkan warna Red, Green, dan Blue (RGB). Shutter dan Filter yang masing-masing merupakan sub-pixel ini berukuran sangat kecil, dan secara kasat mata membentuk gabungan yang disebut dengan pixel.

Keunggulan LCD TV
-Menghasilkan warna yang lebih realistis
-Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
-Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar
-Tidak ada radiasi yang dipancarkan
-Dapat digunakan sebagai monitor komputer
-Kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding Plasma

LED TV

Pada dasarnya sebenarnya LED TV merupakan pengembangan dari LCD TV dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent yang digunakan pada jenis LCD TV sebelumnya. Ada dua macam bentuk LED TV yang beredar di pasaran: RGB LED dengan LED yang diletakkan di belakang panel layar, atau EDGE-LED dimana LED diletakkan di sekeliling layar.

Kelebihan LED TV
-Tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan LCD TV, setara atau bahkan lebih tinggi daripada Plasma TV
-Memungkinkan produsen untuk memproduksi televisi layar datar dengan ukuran super tipis, dengan ketebalan sekitar 2.5 cm
-Lebih ramah lingkungan
-Konsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 20-30% dibandingkan LCD TV konvensional

Kamis, 08 November 2012

       Virtual reality VS augmented reality


virtual reality merupakan sebuah teknologi yang dapat membuat penggunanya berinteraksi dengan suatu lingkungan yang sebenarnya tidak nyata.Suatu lingkungan tersebut hanyalah tiruan yang dibuat dengan menggunakan teknologi komputer.Virtual reality terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer yang juga mengikutsertakan tambahan informasi untuk pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.Saat berada dalam Virtual Reality, pengguna akan merasa melebur seolah menyatu dengan dunianya, dan bisa berinteraksi dengan objek-objek yang ada disana. Hal ini disebut telepresence.

Syarat yang harus ada pada Virtual Reality :
-Gambar / grafis / penglihatan 3D yang nyata menurut perspektif penglihatan pengguna.
-Kemampuan untuk mendeteksi gerakan-gerakan pengguna, seperti gerakan kepala dan arah bola mata, untuk menyesuaikan grafis yang dihasilkan supaya menyesuaikan perubahan dunia 3D nya.

Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.

Efekyang kerap ditimbulkan adalah pemakai kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness. Penderita gangguan ini akan merasa ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Tekadang penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu walaupun sebenernya penderita sudah kembali ke dunia nyata.

augmented reality merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Tidak seperti virtual reality yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, augmented reality hanya sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan saja.

Pemanfaatan AR sangat beragam bentuknya. Di dunia gaming, misalnya, pengguna bisa diarahkan untuk mencari objek tertentu di dunia nyata untuk memperoleh tambahan poin. Di dunia pemasaran, pemilik brand dapat menyajikan informasi yang jauh lebih menarik dibandingkan sekadar display iklan. Sementara itu, di dunia jejaring sosial, pengguna bisa mencari posisi teman-teman serta tempat-tempat menarik (point of interest/POI) yang terdekat dari lokasinya berada.
Virtual Reaity
Augmented Reality


Kamis, 25 Oktober 2012

Web Hosting

Hosting adalah penempatan file- file di server online sehingga dapat diakses oleh pengguna melalui internet baik untuk kebutuhan publik maupun untuk keperluan sendiri atau internal perusahaan. Contohnya sebuah perusahan dapat menggunakan jasa web hosting untuk memasarkan produk mereka kepada masyarakat luas.

Sebenarnya tanpa perlu manggunakan jasa web hosting, kita juga tetap bisa melakukan web hosting sendiri menggunakan komputer kita. Namun biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar dari pada menggunakan jasa web hosting. Biaya yang besar tersebut diperlukan untuk membuat komputer agar dapat digunakan sebagai server. Selain itu dengan menggunakan jasa web hosting kita tidah perlu lagi repot-repot untuk merawat server kita. Oleh sebab itu lah orang-orang lebih suka menggunakan jasa web hosting dari pada harus melakukan nya sendiri.

Sekarang ini banyak tersedia jasa web hosting, mulai dari gratis sampai berbayar. Yang gratis biasanya nama domain yang kita dapatkan hanyalah subdomain dari situs induk dimana kita mendaftar disitus tersebut. Contoh situs yang gratis adalah www.cjb.net www.000webhost.com www.ripway.com dan masih banyak lagi. Namun jasa web hosting gratis biasanya memiliki banyak batasan dan kekurangan dibandingkan dengan yang berbayar mulai dari akses yang lambat, keterbatasan space, sampai dengan adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki.

Ada banyak alasan mengapa kita membutuhkan web hosting.Salah satunya nya adalah target market yang besar bagi perusahaan untuk menjual produl mereka. Berdasarkan statistik, pengguna internet saat ini lebih dari 1 milyar di seluruh dunia. Bagi pemasar/marketing 1 Millyar ini adalah nilai yang sangat besar bagi bisnis tentunya. Alasan lainnya adalah banyak konsumen baru yang sebelumnya tidak dapat dicapai dapat dicapai. Perusahan bisa memasarkan produk mereka sampai keseluruh dunia.

Jika dihubungkan dengan domain, keduanya akan saling berkaitan. Bila diumpamakan, domain adalah sebuah alamat rumah dan hosting adalah rumahnya. Kalau hanya ada alamat rumah, tidak akan ada yang bisa dikunjungi, sedangkan kalau hanya ada rumah, tidak ada jalan yang bisa diakses. Begitu pula domain dan hosting. Bila hanya ada domain, tidak akan ada yang bisa ditampilkan, dan bila hanya ada hosting, tidak ada alamat yang bisa mengakses halaman yang dicari.



sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Webhosting
http://trik-online.com/apa-itu-web-hosting/
http://komputerbagipemula.blogspot.com/2008/07/apa-itu-hosting-dan-domain.html
http://bentangmedia.com/9-alasan-pentingnya-website-berkualitas-untuk-bisnis-anda/
http://www.cfdynamics.com/


Senin, 15 Oktober 2012

Eight Golden Rules

Menurut Shneiderman terdapat delapan aturan emas yang digunakan sebagai dasardalam merancang user interface. Berikut adalah delapan aturan emas dalam merancang user iterface :

1. konsistensi
Konsistensi dilakukan pada urutan tindakan, perintah, dan istilah yang digunakan pada prompt, menu, serta layar bantuan.

2. Memungkinkan pengguna untuk menggunakan shortcut
Pengguna yang sudah ahli menginginkan interaksi yang cepat sehingga dibutuhkan shortcut untuk meningkatkan kecepatan interaksi antara pengguna dengan user interface seperti singkatan, tombol fungsi, perintah tersembunyi, dan fasilitas makro.


3. Memberikan umpan balik yang informatif
umpan balik berfungsi untuk memberitahu setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna. Misalnya ketika kita ingin menginstal applikasi pada komputer kita, maka akan muncul detail proses instal sehingga jika terjadi error saat penginstalan, kita dapat mengetahui apa penyebab errornya.

4. Merancang Dialog untuk menghasilkan suatu penutupan
Urutan tindakan sebaiknya diorganisir dalam suatu kelompok dengan bagian awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif akan meberikan indikasi bahwa cara yang dilakukan sudah benar dan dapat mempersiapkan kelompok tindakan berikutnya.

5. Memberikan penanganan kesalahan yang sederhana
Sedapat mungkin sistem dirancang sehingga pengguna tidak dapat melakukan kesalahan fatal. Jika kesalahan terjadi, sistem dapat mendeteksi kesalahan dengan cepat dan memberikan mekanisme yang sederhana dan mudah dipahami untuk penanganan kesalahan. Misalnya saat kita login facebook, saat kita salah memasukkan email atau password kita akan mucul keterangan bahwa terdapat kesalahan pada email atau password yang kita masukkan dan kita akan diminta untuk memasukkan ulang email dan password kita.

6. Mudah kembali ke tindakan sebelumnya
Hal ini dapat mengurangi kekuatiran pengguna karena pengguna mengetahui kesalahan yang dilakukan dapat dibatalkan, sehingga pengguna tidak takut untuk mengekplorasi pilihan-pilihan lain yang belum biasa digunakan.

7. Mendukung tempat pengendali internal (internal locus of control)
Pengguna ingin menjadi pengontrol sistem dan sistem akan merespon tindakan yang dilakukan pengguna daripada pengguna merasa bahwa sistem mengontrol pengguna.

8. Mengurangi beban ingatan jangka pendek.
Karena ingatan manusia yang terbatas, sebaiknya tampilan dibuat secara sederhana untuk memudahkan pengguna dalam mingingat.

sumber :

http://iwanbinanto.com/2008/07/21/8-aturan-emas-desain-user-interface/
http://rilaudydudud.blogspot.com/2008/12/8-golden-rules.html
http://www.homelifeweekly.com/money/8-golden-rules-of-financial-prosperity/