gliter text

Sabtu, 04 Oktober 2014

How to make drop down menu (HTML & CSS)

HTML code

<div id="menu">

<ul>
<li><a href="#">JK Event</a></li>
<li><a href="#">Women</a>
<ul>
<li><a href="womenclothing.html">Clothing</a></li>
<li><a href="#">Accessories</a></li>
<li><a href="#">Handbags</a></li>
<li><a href="#">Shoes</a></li>
</ul>
</li>
<li><a  href="">Men</a>
<ul>
<li><a href="#">Clothing</a></li>
<li><a href="#">Belts</a></li>
<li><a href="#">bags</a></li>
<li><a href="#">Shoes</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="home.html">Home</a></li>
</ul>

</div>

CSS code


#menu{

margin: 0px;
padding: 0px;
list-style-type:none;
}
#menu li{
display:block;
float:right;
background:#888;
border-right: 2px #666666 solid;
text-align:center;
width:160px;
height:30px;
padding-top:10px;
}
#menu li:hover {
background:#cccccc;
}
#menu a{
color:white;
text-decoration:none;
font-family:arial bold;
}
#menu ul ul{
display: none;
position:relative;
z-index:900;
}
#menu ul  li:hover ul{
padding-top:10px;
display:block;
z-index:900;
}
#menu ul  ul  li{
display:block;
border-right:none;
}

Result






Senin, 14 Januari 2013

CAI (Computer Asisted Instruction)



CAI (Computer Asisted Instruction) adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantunya dalam memeberikan materi pembelajaran kepada para pelajar.

4 model program CAI :
1.Drill and Practice
Drill and Practice adalah CAI yang memiliki tipe pengulangan yang mempunyai fungsi untuk melatih ketajaman memori. Tujuan dari CAI ini adalah untuk medalami pengetahuan dan keterampilan yang sudah ada sebelumnya. Setelah selesai menjalankan program tersebut maka user diharapkan dapat mahir dalam melakukan suatu keterampilan yang dilatih.

2.Games
CAI tipe ini memberikan materi pembelajaran melalui permainan. Melalui permainan diharapkan dapat membantu user lebih cepat dalam menyerap materi pembelajaran.

3.Tutorial
CAI jenis ini paling sering digunakan untuk memberikan materi pembelajaran dan juga paling lengkap. Tutorial berisi materi pembelajaran dan soal latihan pada bagian akhirnya untuk mengetahui perkembangan pada user.

4.Simulation
CAI jenis ini digunakan untuk mengajarkan materi pembelajaran berupa proses atau konsep yang sulit untuk dipahami (abstrak), seperti bagaimana bekerjanya proses ekonomi terebut berlangung atau terjadi. Disini user dibuat seolah-olah terlibat dalam kejadian sesungguhnya dan umpan balik kemudian diberikan oleh program dari keputusan yang dibuat oleh user tadi.

5.Problem solving
Pada CAI jenis ini user diberikan suatu masalah dan diminta untuk menganalisis dan memecahkan masalah yang diberikan.

Keuntungan CAI :
1.Siswa dapat terlibat secara langsung sehingga dapat melancarkan proses pembelajaran bila dilakukan secara benar.
2.Memberikan peluang yang sama bagi siswa yang cepat ataupun lambat dalam menguasai materi pembelajaran
3.Karena merupakan sebuah program, CAI dapat melakukan fungsinya dengan kesalahan yang sangat minim dan lebih cepat serta tidak pernah lelah, kacau, marah, tidak sabar, dan tidak pernah lupa.

Kerugian CAI :
1.Mahal
2.Untuk menggunakan metode pembelajaran menggunakan CAI, maka jumlah dari komputer harus sama dengan jumlah siswanya.
3.Butuh perangkat tambahan untuk bisa memaksimalkan penggunakan metode CAI ini.
4.Pada saat ini program yang tersedia lebih banyak ke program sains dan matematika saja.

Minggu, 13 Januari 2013


Kios Informasi

kios informasi adalah sebuah sistem layanan elektronik yang menyediakan suatu informasi kepada pengguna yang membutuhkan. Biasanya kios informasi ini adanya di tempat-tempat umum seperti mall dan universitas. informasi yang disediakan oleh kios informasi ini misalnya dapat berupa denah, deskripsi suatu tempat, produk  dan lain-lain. Dengan adanya kios informasi ini maka akan membuat pengunanya lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi yang mereka cari. Misalnya saat di toko buku,  kita akan lebih mudah untuk mencari buku yang kita inginkan dengan mengunakan kios informasi yang disediakan oleh toko buku tersebut. Apakah buku yang kita cari tersebut ada atau tidak, out of stock, jika masih ada kita dapat mengetahui letak buku yang kita cari dimana. Atau ketika kita berada di suatu mall dan kita ingin mencari toko yang ingin kita datangi dan kita tidak tau lokasi dari toko tersebut, maka kita juga bisa menggunakan kios informasi yang disediakan untuk mencarinya.  Informasi yang diberikan misalnya dimana kita berada saat ini dan dimana letak toko yang ingin kita datangi tersebut.


Contoh dari kios informasi

CellularOne menggunakan kios pembayaran tagihan ditempatkan di lokasi yang nyaman sehingga pelanggan dapat membayar tagihan mereka selama kegiatan normal mereka sehari-hari. Proyek ini akan menghasilkan sebuah sistem prototipe yang berfungsi penuh yang terdiri dari kios dan aplikasi web server. Pelanggan dapat menggunakan salah satu kartu kredit atau cek elektronik untuk membayar tagihan layanan mereka. Kios berfungsi sebagai antarmuka pengguna dan berfungsi sebagai "klien pintar" untuk melakukan transaksi, yang ditangani oleh sistem back-end processing ada CellularOne.



Perawatan Kesehatan Realty Trust adalah pemilik terbesar / operator properti fasilitas medis di Amerika Serikat. .Kesehatan organisasi yang menempati properti HRT melihat ke perusahaan untuk menyediakan infrastruktur yang mendukung teknologi muncul.. HRT mencari untuk mendefinisikan kelas baru dari layanan ajaran yang memberikan nilai bagi prinsip dan pendapatan kepada operator.


HTML

HTML  (HyperText Markup Language)  adalah sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. HTMLjuga dapat digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

Struktur dasar HTML terdiri dari 

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>Title</title>
    </head>
    <body>
        <h1>Test HTML</h1>
    </body>
</html>

Saat web browser menampilkan sebuah halaman web, web browser membaca halaman web tersebut dari sebuah file teks dan kemudian mencari kode-kode special (dalam hal ini adalah tag HTML) yang ditandai dengan karakter "<" dan ">".

Tag HTML pada umumnya dibuat berpasangan, ada tag pembuka dan ada tag penutup.

Berikut beberapa tag yang terdapat pada HTML :
1. <p>untuk paragraph</P>
2. <h1>heading</h1> terdiri dari h1 sampai h6
3. <b>bold</b>
4. <i>italic</i>
5. <sub> subscript</sub>
6. <sup>superscript</sup>
7. <br /> ->single tag sehingga tidak memerlukan tag penutup

selain yang disebutkan diatas masih ada banyak lagi tag-tag HTML

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>HTML</title>
    </head>
    <body>
        <p>untuk paragraph</P>
        <h1>heading</h1>
        <b>bold</b>
        <br/>
        <i>italic</i>
        <br/>
        <sub> subscript</sub>
        dan
        <sup>superscript</sup>
    </body>
</html>


contoh html untuk merubah warna background dan warna tulisan :

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>HTML</title>
    </head>
    <body bgcolor=green>
        <font color=white size=5>
                <b>warna tulisan menjadi putih</b>
        </font>
    </body>
</html>

Jika kalian ingin memahami lebih lanjut tentang html, kalian bisa mengunjungi website berikut :
http://www.w3schools.com/

Jumat, 21 Desember 2012

Sejarah World Wide Web


Pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Oxford University yang berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis hypertext yang memungkinkan para peneliti Fisika bisa berbagi informasi secara efisien dan efektif. Proposal yang diberi judul “HyperText and CERN”. CERN adalah nema tempat Berners-Lee bekerja pada saat itu, yaitu kependekan dari Conseil European pour la Recherce Nucleaire, yang merupakan sebuah laboratorium riset bidang Fisika di Jenewa, Swiss.

Pada akhir tahun 1990, sebuah bentuk rancangan web berhasil dijalankan di sebuah mesin komputer NeXT. Saat itu, web sudah mengandung line-mode user interface yang disebut sebagai www, yang merupakan cikal bakal kelahiran WWW (World Wide Web).

Pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian, untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih menggunakan browser line-mode interface. Unutk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.

Pada bulan Mei 1993, Marc Andeesen dan beberapa murid dari NCSA membuat web browser unutk sistem x-windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah digunakan yang diberi nama Mosaic. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows, dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Mac Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah MSIE (Internet Explorer) dari Microsoft.


Pada tahun yang sama, CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan W3C (World Wide Web Consortium) yang bertugas unutk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.

Beberapa browser yang sering digunakan anatara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, Thunderbird, Qonquerer, Slim Browser, Links, Lynk, dan Google Chrome. Namun browser yang paling populer di dunia adalah Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox.
Game Industry


Perkembangan industri game di dunia sudah sangat marak dan menjanjikan, beberapa negara telah menjadikan industri kreatif terutama games menjadi bagian yang penting bagi pertumbuhan ekonomi mereka. Di indonesia sendiri perkembangan industri kreatif terutama games sudah mulai marak dan
pesat. Dengan pertumbuhan game di Indonesia yang sudah semakin berkembang membuat para programer maupun pencipta game – game dari luar
negeri untuk memasarkan produk – produk mereka di Indonesia.

Industri game di Indonesia sudah ada sejak lama. Sejak tahnn 1991, sudah muncul game – game lokal, tetapi belum jelas siapa yang membuatnya. Seiring waktu yang berjalan, mulai satu persatu orang memulai membuat game sendiri dengan aplikasi yang sangat terbatas, namun tidak di publish ke luar, melainkan di mainkan oleh kalangan sendiri. Makin ketahun demi tahun mulailah muncul orang – orang yang memberanikan diri untuk membentuk sebuah team dan membangun studio game di indonesia. Salah satu studio game yang cukup senior di Indonesia adalah

- Matahari Studio
Matahari Studio merupakan Studio Outsourcing. Disini Matahari sering kali mendapat project outsourcing dari EA GAMES, dimana mereka terlibat 45
dalam beberapa project Need For Speed, baik itu NFS Underground, Most Wanted maupun Carbon.

- Max Studio
Max Studio berlokasi di jalan panjang Jakarta. Max Studio baru bergelut di industri game baru sekitar 3 tahunan lebih, tetapi sudah menghasilkan lumayan banyak game dan salah satu gamenya yang berjudul Burning Amor yang pernah menduduki jajaran atas top ten game mobile application di Taiwan dan beberapa negara lainnya. Bahkan dengan game ini pula, Max Studio berhasil menjuarai EDGE coding competition se-ASIA tahun lalu. Sekarang pun mereka sedang mendevelop game 3D dengan XNA. XNA nantinya bisa digunakan untuk aplikasi XBOX 360.

- Altermyth
Altermyth ini merupakan nama lain dari Mythic Perperctive berkantor di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Altermyth merupakan pembuat game Inspirit Arena dan mereka memiliki divisi khusus yakni LILO. Altermyth juga bertugas mengembangkan LILO online.

- Menara Games
Menara games merupakan salah satu game studio di Bandung. Meski terkesan baru dan muda, tetapi menara games memiliki game yang berhasil meraih jajaran atas di website gamehouse.

Jumat, 09 November 2012

LED TV vs LCD TV

LCD TV

Pada dasarnya LCD TV bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Jutaan lampu tersebut akan dinyalakan dan dimatikan melalui LCD shutter dengan melewatkan cahaya putih dengan intensitas tertentu. Setiap shutter akan digabungkan dengan filter warna yang akan melewatkan warna Red, Green, dan Blue (RGB). Shutter dan Filter yang masing-masing merupakan sub-pixel ini berukuran sangat kecil, dan secara kasat mata membentuk gabungan yang disebut dengan pixel.

Keunggulan LCD TV
-Menghasilkan warna yang lebih realistis
-Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
-Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar
-Tidak ada radiasi yang dipancarkan
-Dapat digunakan sebagai monitor komputer
-Kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding Plasma

LED TV

Pada dasarnya sebenarnya LED TV merupakan pengembangan dari LCD TV dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent yang digunakan pada jenis LCD TV sebelumnya. Ada dua macam bentuk LED TV yang beredar di pasaran: RGB LED dengan LED yang diletakkan di belakang panel layar, atau EDGE-LED dimana LED diletakkan di sekeliling layar.

Kelebihan LED TV
-Tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan LCD TV, setara atau bahkan lebih tinggi daripada Plasma TV
-Memungkinkan produsen untuk memproduksi televisi layar datar dengan ukuran super tipis, dengan ketebalan sekitar 2.5 cm
-Lebih ramah lingkungan
-Konsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 20-30% dibandingkan LCD TV konvensional